Thursday, January 5, 2017

GameMaker Studio 2 Platformer Part 4 - Object Ground

Halo Bloggers!

Jumpa lagi kita pada waktu dan kesempatan yang berbeda di berudulan-FM. 

Kali ini kita akan membuat ground, tempat berpijaknya sang character utama nantinya.
Buat anda yang belum punya assets buat gamenya, bisa pinjam sprites punya saya :)
--->



Nah, Buka GameMaker Studio 2, create sprites yang kita beri nama sprGround kemudian import sprites tersebut. Berbeda dengan sprPlayer, untuk sprGround originnya tidak perlu diubah-ubah lagi yaitu top-left. Bagi sobat yang masih kebingungan untuk membuat sprites assets bisa melihat pada postingan sebelumnya disini .

Setelah selesai membuat sprites, selanjutnya tentu saja membuat object baru yang kita beri nama objGround seperti pada postingan disini , kemudian kita assign gambar sprGround pada object tersebut.


Next, double-click room level01 yang telah kita buat. Disini kita akan merubah settingan grid GMS2 dari default nya 32x32 piksel menjadi 16x16 piksel. Kenapa? Karena gambar ground yang kita import berukuran 16x16 piksel. :)







Selanjutnya kita akan membuat "ground" sebagai tester untuk behaviour character kita nantinya.
Pastikan layer instances adalah layer yang aktif, (Layer aktif adalah layer yang ter-highlight).  Kemudian klik objGround, tekan alt dan klik kiri untuk meletakkan beberapa instances  sekaligus pada room level01.



Jika kita tekan F5 sekarang, maka game akan di eksekusi. Sekarang kita sudah punya player character yang "terbang" diatas ground haha..

but hey! we're making a progress here ^_^
see ya around!

No comments:

Post a Comment