Wednesday, January 4, 2017

GameMaker Studio 2 Platformer Part 3 - Room

Halo Bloggers.. Kita lanjut nih ke pembelajaran bersama-sama buat bikin room. (Saya juga abis belajar bikin room dari mbah Google. Daripada lupa trus cari-cari lagi, mendingan saya tuangin di blog aja yah biar sekalian jadi bahan referensi pribadi plus gampang nyarinya kalo suatu saat saya lupa).

Ok deh. Setelah selesai bikon objPlayer, kita bikin tester level01 buat ujicoba. Klik kanan rooms kemudian pilih crea...... wait! Ternyata si GMS2 udah berbaik hati membuat room pertama buat kita xixi .... Kalo gitu kita bukan pilih create, kita pilih rename aja deh. Ganti jadi level01. Sip!


Settingan room standar dari GMS2 adalah 1024x768 piksel, terlalu besar untuk character kita yang cuma 16x24 piksel.

Kita rubah Room Width menjadi 320 dan Room Height menjadi 240.

p.s. Shortcut navigasi tekan space + left click buat panning dan control + middle scrool buat zoom in dan zoom out.


Selanjutnya kita tinggal drag objPlayer dari tab resources kedalam room.

Tapi eh... kok background nya warna hitam ya.. gelap :(


Pada tab Room Editor bagian Layer, pilih Layer Background. Kemudian pada bagian properties nya ganti Colour sesuai dengan selera anda. Ehh.. Layer tuh apalagi yah. Layer tuh urutan penempatan posisi objek-objek pada game yang kita buat. Urutan paling atas tentu saja bakalan ada diatas gambar lainnya. Sedangkan urutan paling bawah (yang biasanya background) akan selalu ada dibelakang objek lainnya.

Nahhh... sampai disini sebenernya game nya udah bisa di run. Coba deh sobat bloggers tekan F5 atau icon run yang ini nih .

Jalan kan game nya? boring ya. Cuma tampilan gambar gak bergerak.. window nya mini-mini imut-imut gimanaa gitu kecil banget.

Yuk ah kita perbesar tampilan nya.
Pada tab room editor properties, navigasi ke Viewports and Camera. Centang Enable Viewports. Pada bagian Viewports 0 centang pilihan Visible. 

Disini kita meminta si GMS2 buat menampilkan room kita sesuai dengan sorotan Camera Viewports 0. Kita mengatur kamera 0 sama dengan besar nya room yaitu 320x240 piksel. Kemudian hasil sorotan kamera 0 ditampilkan pada layar monitor diperbesar menjadi 800x600 piksel.

Nah sekarang window games kita udah ngga imut-imut lagi hehe...
Silahkan sobat bereksperimen dengan angka-angka pada viewports tersebut.

Well then,
see ya around!

No comments:

Post a Comment