Monday, January 2, 2017

Dasar-dasar GameMaker Studio 2

Halo bloggers..
Sebelum mulai belajar bareng, kita simak dulu deh konsep utama dari GameMaker: Studio dan GameMaker Studio 2. Biar agak paham dikit gitu.

Kalo mau langsung ke sumbernya ya monggo :)

Saya nyomot gambar nya dari mbah google nih.. Game Mario Bross kalo ngga salah ya.

Nah, level nya ini di GameMaker Studio namanya room. Di room ini deh nanti kita mendisain semua level buat game nya pada room editor.

Si room ini pake sistem koordinat cartesius, tapppiiii ....... sumbu y nya kebalik. 
Kalo di matematika, titik 0,0 nya biasanya ada di kiri bawah, kalo di GameMaker ada di kiri atas. Semakin kekanan maka nilai X semakin besar dan semakin kebawah maka nilai Y akan semakin besar.

Oke deh, Lanjut ya. Di room ini ada Mario ada Koin dan ada Goomba. Nah, di GameMaker Studio mereka ini disebut instances. Mereka inilah yang nanti berinteraksi satu sama lain. (betul ngga suhu? kalo salah di koreksi aja ya.. maklum saya juga newbie. #sad).


Tentu saja si instances-instances  tersebut punya blue-print  alias mesin cetakan nya tempat kita mendesain semua detil dan behaviour nya. Si mesin blue-print itu pada GameMaker Studio disebut nya object.

Ibarat nya, object itu adalah cap, dan instances itu hasil cap nya. kalo cap nya berubah, tentu saja hasil cap nya juga berubah gambar nya.
Dari satu cap yang kita desain, kita bisa men-cap banyak kertas dengan gambar yang sama. 

Apa aja sih yang bisa di program pada objek tersebut temans? 
Antara lain sih.. kita bisa pilih-pilih, object nya mau bentuknya kayak apa (pake sprites yang mana), object nya mau gerak apa diem aja, bisa ditembus apa ngga, dan lain-lain.

Eits. Tunggu-tunggu. Sprites? Minuman apa lagi nih.. 
Sprites ya gambar. bisa berupa png, bmp dan lain-lain. Object ngga pake sprites ngga keliatan dong di rooms ntar. Lha wong ngga ada gambarnya hehe. (event draw lain lagi ya gans x_x).

Panjang juga nih postingan jadinya. Cukup dulu sepertinya ya temans? 

Well.. see ya around!

No comments:

Post a Comment