Friday, January 6, 2017

GameMaker Language - Place_Meeting (x, y, obj)

Halo Bloggers.
Mau nyolek sedikit nih tentang fungsi place_meeting pada GameMaker Language atau GML.

Tentu saja, tombol F1 adalah teman terbaik anda hihi.. Dari official documentation nya GMS 2 , deskripsi place_meeting adalah :

With this function you can check a position for a collision with another instance or all instances of an object using the collision mask of the instance that runs the code for the check. When you use this you are effectively asking GameMaker Studio 2 to move the instance to the new position, check for a collision, move back and tell you if a collision was found or not. This will work for precise collisions, but only if both the instance and the object being checked for have precise collision masks selected otherwise only bounding box collisions are applied. This function also accepts the special keywords all and other.

Syntax nya adalah : 

place_meeting(x, y, ob);

Kira-kira artinya adalah sebagai berikut :
Fungsi ini melakukan pengecekan suatu posisi dengan objek lain, ada collision atau tidak. Hmm.. collision itu bahasa perancisnya kira-kira adalah tabrakan dengan suatu objek lain.

Hmm.... belum paham om :(

Biar gambar berbicara :










Kita berasumsi bahwa posisi Player kita pada x-penggaris 0.

place_meeting(x, y, objKotakHitam);

ada tabrakan dengan objKotakHitam pada posisi x dan y ? 
salah karena tidak ada tabrakan
false

place_meeting(x + 5, y, objKotakHitam);

ada tabrakan dengan objKotakHitam pada posisi x + 5 dan y ? 
salah karena tidak ada tabrakan
false

place_meeting(x + 10, y, objKotakHitam);

ada tabrakan dengan objKotakHitam pada posisi x + 10 dan y ? 
Benar karena pada posisi tersebut objPlayer bertumpuk dengan objKotakHitam!
True    ^_^




see ya around !!


No comments:

Post a Comment